Jumat, 01 Juni 2012

Sehat dengan Ikan Gabus

Tanggal 24 Mei 2012 yang lalu saya berkesempatan menghadiri suatu acara sosialisasi hasil penelitian di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Acara yang berlangsung selama setengah hari itu dihadiri oleh Balitbangda wilayah regional timur serta instansi terkait lainnya seperti perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, KADIN Kalimantan Selatan serta asosiasi. Dalam kegiatan tersebut dipaparkan sebanyak tiga hasil penelitian, dan yang menurut saya paling menarik dari ketiganya adalah pada sesi pemaparan hasil kajian mengenai manfaat ikan gabus bagi kesehatan, khususnya bagi kesehatan anak. Dalam presentasinya, pembicara dari Balitbangda Sulawesi Selatan, yang juga merupakan peneliti dari kegiatan penelitian ini, memaparkan bahwa ikan gabus memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan juga untuk pengobatan. Penelitian tersebut dilatar belakangi adanya gizi buruk yang dialami oleh anak/balita sehingga dibutuhkan solusi untuk penangannya serta Rendahnya pengetahuan orang tua mengenai makanan yang bergizi bagi anak. Salah satu solusi yang dihasilkan adalah dengan mengkonsumsi ikan gabus segar, khususnya kepada anak dengan gizi buruk/kurang gizi.

Dari hasil penelitian, diketahui bahwa ikan gabus memiliki kandungan albumin yang baik untuk kesehatan. Albumin dari ikan gabus tidak terdapat pada ikan konsumsi lainnya seperti lele, nila, mas, gurami, dan sebagainya. Dikarenakan kandungan albumin yang ada pada ikan gabus sangat bagus, penelitian selanjutnya dilanjutkan pada tahapan ekstraksi yang menghasilkan data mengenai kandungan lemak yang rendah, protein tinggi, zat besi yang bagus dan sebagainya. Manfaat ikan gabus bagi kesehatan dan gizi sangat bagus hal ini telah teruji baik secara klinis maupun non klinis. Hasil penelitian juga menegaskan bahwa ada beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh kadungan ikan gabus.

Berdasarkan pengalaman penelitian, ada seorang pasien penderita patah tulang. Dikarenakan kondisi ekonomi si pasien yang tidak mampu, maka oleh dokter yang menanganinya disarankan untuk mengkonsumsi ikan gabus segar. Hasilnya adalah kandungan yang terdapat pada ikan tersebut dapat menyembuhkan patah tulang dengan cepat. Beberapa peserta sosialisasi juga turut berbagi pengalaman mengenai konsumsi ikan gabus. Umumnya mereka yang memang berasal dari Kalimantan Selatan mengakui bahwa ikan gabus memang banyak membantu untuk pengobatan, salah satunya adalah untuk ibu-ibu yang habis melahirkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka karena melahirkan.

Hasil penelitian menyatakan bahwa kandungan gizi ikan gabus mengandung nilai Protein 25,5% dan albumin (6,2%). Bangsa Cina sendiri telah lama menjadikan ikan gabus sebagai obat penyembuh luka bakar dan luka bekas operasi. Albumin yang banyak terkandung dalam ikan gabus adalah jenis protein terbanyak dalam plasma darah (60%) dan merupakan prediktor terbaik untuk harapan hidup penderita suatu penyakit. Saat ini kebutuhan Albumin dirumah sakit disupply dari preparat albumin kadar 25% dengan harga sekitar Rp. 2 juta/ ampul. Setiap pasien rata-rata membutuhkan 4 (empat) ampul preparat albumin atau menyediakan biaya sekitar Rp. 8 juta. Kebutuhan albumin oleh setiap rumah sakit dewasa ini semakin tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dari kebutuhan obat.

Ikan gabus bila dikonsumsi setiap hari juga dapat memberikan manfaat yang lebih banyak. Mengkonsumsi ikan gabus dengan kandungan albumin yang tinggi telah banyak diteliti secara ilmiah dapat berkhasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat proses penyembuhan pasca operasi, mempercepat penyembuhan luka dalam dan luar, penyembuhan dan pencegahan penyakit. Untuk penambahan gizi pada balita dapat disesuaikan berdasarkan berat badan. Berat balita 7-9 kg diberikan konsumsi 100 gr ikan gabus segar/hari. Berat balita 10-12 kg diberikan konsumsi 150 gr ikan gabus segar / hari. Berat balita 13-15 kg diberikan konsumsi 200 gr ikan gabus segar/hari. Cara pengolahannya juga relative mudah, karena bisa dengan mengkonsumsi ikan gabus segar dengan cara dikukus, ditim atau dibakar utuh-utuh (isi perut ikan tidak dibuang). Sedangkan untuk balita/anak kurang gizi, yang paling bagus adalah mengkonsumsi ikan gabus segar.

Saat sosialisasi tersebut, disebutkan bahwa telah banyak diversifikasi produk berbahan dasar ikan gabus, seperti tepung ikan gabus, nugget, sosis dan biskuit. Untuk meningkatkan gizi pada anak, kita sering berupaya agar si anak meningkat nafsu makannya atau dengan camilan yang sehat. Saat ini, khususnya di Sulawesi Selatan, untuk produk camilan sehat telah tersedia biskuit biskuit dari tepung ikan gabus dengan merek dagang SAGA (Sayang Keluarga). Nilai gizi dalam 100 gr formula biskuit dengan substitusi tepung ikan gabus adalah Karbohidrat 69 gr, Protein 12,72 gr, Lemak 33,33 gr, Vitamin A 357, 80 RE, Serat 1,12 gr, Kalori 625,60 kkal. Biskuit yang mengandung ikan gabus ini merupakan makanan kesehatan untuk mencegah kekurangan gizi bagi bayi dan balita, memenuhi kebutuhan albumin bagi pasien khususnya masyarakat yang kurang mampu. Balitbangda Sulawesi Selatan sendiri telah melakukan penelitian terhadap manfaat dari biskuit ini. Uji klinis manfaat biskuit telah dilakukan pada balita status gizi kurang selama 8 minggu dengan hasil terjadi perubahan kadar albumin dan kenaikan berat badan sebesar 0,83 kg dan 39,4% terhadap perbaikan status gizi dari gizi yang kurang menjadi gizi baik.

Tidak hanya dari segi kesehatan, manfaat dari ikan gabus ini juga dapat dirasakan untuk pengembangan sektor ekonomi. Budidaya ikan gabus serta pembuatan industri biskuit berbahan dasar tepung ikan gabus memberikan manfaat ekonomi dan juga pengembangan industri. Pengembangan produk dapat dilakukan melalui sektor industri rumah tangga (Home Industry); memberikan efek multiflier dalam menggerakkan perekonomian masyarakat termasuk pemberdayaan petani tambak dalam pemanfaatan teknologi budidaya ikan gabus serta memberikan nilai tambah dan meningkatkan daya saing komoditi lokal melalui sektor perikanan darat (ikan air tawar) sebagai ikon Sulawesi Selatan baik lokal, nasional, maupun internasional. Di wilayah Kalimantan Selatan sendiri, ikan gabus telah menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat setempat.

Dari hasil pemaparan penelitian tersebut, sepertinya membuka suatu pandangan dan peluang baru, khususnya bila disosialisasikan juga pada masyarakat di Jakarta, untuk melakukan budidaya ikan gabus. Terlebih lagi untuk UKM atau industri kecil di Jakarta sebagai peluang usaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Mungkin ada yang berminat budidaya ikan gabus?

Repost by: Obat tradisional stroke

227 komentar:

  1. terimakasih atas informasi sehatnya

    BalasHapus
  2. makasih sudah beritahu saya tentang info bagus ini

    BalasHapus
  3. jadi seperti itu ya gan,, thanks ya gan..

    BalasHapus
  4. semoga info ini menjadikan saya sehat

    BalasHapus
  5. makasih ya sudah memberi saya untuk berkomentar

    BalasHapus
  6. good info gan ,, sangat bermnfaat .. :)

    BalasHapus
  7. wah mantap sekali gan postingannya

    BalasHapus
  8. informasinya lengkap,, jadi tau khasiatnya ikan gabus ternyata banyak y,,

    BalasHapus
  9. makasih ea.. jdi tau skrang mah.. info yang bagus...

    BalasHapus
  10. ternyata ikan gabus punya manfaat bagi kesehatan

    BalasHapus
  11. siptt dchh buat infonya ,, terimakasihh gan :)

    BalasHapus
  12. oh........ ternyata banyak mamfaat nya juga...

    BalasHapus
  13. makasih gan atas infonya semoga sukses terus !!!

    BalasHapus
  14. oke gan .. thanks buat informasinya ..

    salam sehat saja ya gan

    BalasHapus
  15. terimakasih atas infonya ya teman...

    BalasHapus
  16. sipp deh klo gitu,,, saya juga suka tuh sma ikan gabus...

    BalasHapus
  17. siip gan,,

    makasih atas infonya,,

    salam kenal dan salam sehat..

    BalasHapus
  18. waaaah, info yang sangat bagus tuuuh..mksih ya infonya,

    BalasHapus
  19. waaah inininfo yang sangat bagus tuh ,, makasih udah buat artikel ini ya,...

    BalasHapus
  20. BAGUS banget duh tuh artikelnya, makasih ts infonya ya...

    BalasHapus
  21. waaah ini memang terobosan terbaru yang sangat bermanfaat banget, terimakasih ya atas infonya... semoga kedepanya akun ini menjadi lebih baik.amiin

    BalasHapus
  22. Terimakasih atas infonya nya, ini memang info yang sangat bagus banget buat kita menjadi lebih sehat lagi.... salam sehat

    BalasHapus
  23. mantap gan lengkap sekali infonya

    BalasHapus
  24. salam sukses...

    your info is the best.....

    BalasHapus
  25. Waaah ini memang info yang sangat bangus banget ... bisa memotifasi biar lebih sehat lagi ... terimakasih yaa... salam sehat

    BalasHapus
  26. Ini memang solusi buat hidup sehat.. terimakasih yaa...

    BalasHapus
  27. artikel nya bagus, saya baru tau bahwa ikan gabus pun bisa di jadikan untuk obat, terima kasih info nya !!

    BalasHapus
  28. makasih banyak gan atas infonya,,

    salam kenal dan salam sehat

    BalasHapus
  29. bagus banget tuh artikel nya... makasih atas infonya ya temaaan....

    BalasHapus
  30. waaah aku mau donk nyabain nih... kali aja aku suka dengan ikan yang satu ini tuuh...

    :)

    BalasHapus
  31. terimakasih atas informasi tentang kesehatnya....

    salam sukses selalu...

    BalasHapus
  32. artikel yang mengajak kita untuk selalu hidup sehat...

    makasih atas infonya..

    salam kenal dan salam sehat

    BalasHapus
  33. beli ace maxs ?? kesini tempat nya http://obatalami.kelenjargetahbening.com/cara-pembelian-ace-maxs/

    BalasHapus
  34. infomasi yang sangat bermanfaat sekali kawan

    BalasHapus
  35. terimakasi buat infonya.sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  36. terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat.salam sukses selalu.

    BalasHapus
  37. informasi yang anda sampaikan sangat bermanfaat,, makasih

    BalasHapus
  38. makasih sudah beritahu saya tentang info yang bermanfaat ini...


    salam sukses selalu.....

    BalasHapus
  39. Ternyata ikan gabus banyak manfaatnya,
    terimakasih infonya...

    BalasHapus
  40. ikan gabus ternyata banyak manfaatnya...

    BalasHapus
  41. terimakasih telah berbagi info yang bermanfaat...

    BalasHapus
  42. mkasih info nya sangat bermanfaat untuk saya

    BalasHapus
  43. maaksih gan infonya menarik sekalai

    BalasHapus
  44. ane baru tahu ternyata ikan gabus memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhken oleh tubuh,,terimakasih infonya bermanfaat...

    BalasHapus
  45. makasih gan untuk informasinya...
    manthap dah cing!!

    BalasHapus
  46. mantep deh buat info nya...baru tau ni ikan gabus baik untuk kesehatan..

    BalasHapus
  47. keren neh artikelnya, izin copas!! wat bahan artikel saya!

    BalasHapus
  48. informasi yang sangat bermanfaat sekali..,makasi...

    BalasHapus
  49. waw ternyata ikan gabus menyehatkan juga ya.... hmm

    BalasHapus
  50. sangat bermanfaat infonya sukses selalu gan

    BalasHapus
  51. ikan memang memiliki banyak zat gizi baik untuk tubuh, apalagi ikan gabus..
    terimakaish telah berbagi info

    BalasHapus
  52. mkasih atas infonya emang enak sekli untuk di sntap

    BalasHapus
  53. ahirnya saya menemukan blog ini.. makasih ya rob. blog ini emmang bagus untuk di baca

    BalasHapus
  54. sangat bermanfaat infonya
    kunjungi kami balik makasih

    BalasHapus
  55. sangat bermanfaat sekali postinganya
    menambah ilmu dan wawasan saya mkasih atas informasinya

    BalasHapus
  56. sangat bermanfaat infonya
    mkasih di tunggu postingan berikutnya

    BalasHapus
  57. ternyata ikan gabus menyehatkan ya ..

    BalasHapus
  58. mantap gan,,, ikan gabuss memang bermanfaat untuk kesehatan

    BalasHapus
  59. wah..
    trnyata ikan gabus bnyk manfaatnya ya..
    hihi..
    ane baru tau...

    makasih infonya kak... :D

    BalasHapus
  60. ikan gabus bermanfaat sekali saya baru tau
    mkasih infonya

    BalasHapus
  61. setelah saya kunjungi beberapa website inilah yang bermanfaat sekali mkasih

    BalasHapus
  62. wah infonya sangat bermanfaat sekali infonya saya tunggu postingan selanjut nya yang pasti lebih bermanfaat

    BalasHapus
  63. mantap deh gan infonya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  64. sungguh sangat bermafaat sekali infonya terima kasih banyak

    BalasHapus
  65. sajian infonya sangat bermnafaat sekali makasih banyak jangan lupa kunjungi balik

    BalasHapus
  66. postinganya sangat bermanfaat sekali di tunggu postingan selanjutnya makasih

    BalasHapus
  67. kunjungan pagi makasih bnyak infonya gan banyak manfaat nya untuk saya

    BalasHapus
  68. sajian infonya sangat bermanfaat sekali mkasih gan

    BalasHapus
  69. artikelnya sangat berguna sekali gan, mks ya

    BalasHapus
  70. sreeeetttt, mw nyari gabus dulu ahh

    BalasHapus
  71. saya baru tahu nih manfaat ikan gabus....tp susah nyarinya...

    BalasHapus
  72. terima kasih telah berbagi berita yang telah anda berikan.
    salam sejahtera Indonesia

    BalasHapus
  73. Thanks atas artikelnya, makin nambah wawasan saya

    BalasHapus
  74. senangnya baca informasi ini, sangat bermanfaat. Ijin share link-nya ke teman-teman biar mereka tahu semua.

    BalasHapus
  75. terima kasih artikelnya yang luar biasa ini ..
    sering-sering mas kasih artikel untuk kebaikan situsnya juga...,,,

    BalasHapus
  76. thanks atas info yang telah diberikan pasti bermanfaat dan berguna banget bagi saya thnks yah gan

    BalasHapus
  77. Infonya sungguh sangat berguna pak admin... thanks ya..

    BalasHapus
  78. tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya! ,,,

    BalasHapus
  79. terimakasih telah mau membagi pengetahuannya.. semoga menjadi berkah dan amal ibahdah

    BalasHapus
  80. "terima kasih artikelnya yang luar biasa ini ..
    sering-sering mas kasih artikel untuk kebaikan situsnya juga"...,

    BalasHapus
  81. ouh gtt ya kk ,, baru tau aku .. thx infonya y kk sngt bermnfaat .. :) sucses selalu,,

    BalasHapus
  82. situs yang banyak bermanfaat bagi para komunitasnya, tetap berkarya dan sukses! >>>>>

    BalasHapus
  83. thanks atas info yang telah diberikan pasti bermanfaat dan berguna banget bagi saya thnks yah gan >>>>><

    BalasHapus
  84. semoga menjadi amal ibadah atas pengetahuannya

    BalasHapus
  85. berita sehat dan manfaat.
    lanjutkan. :D

    BalasHapus
  86. salam sehat gan semoga bermanfaat bagi kita semua .

    BalasHapus
  87. situs yang banyak bermanfaat bagi para komunitasnya, tetap berkarya dan sukses! +**-++

    BalasHapus
  88. thanks atas info yang telah diberikan pasti bermanfaat dan berguna banget bagi saya thnks yah gan +*-+*

    BalasHapus